Artikel APEPI

Artikel APEPI


Kenali 4C Berlian

Cut, Clarity, Colour & Carat

 

Berlian merupakan salah satu jenis batu yang digunakan sebagai perhiasan. Berlian memiliki nilai yang tinggi diantara batu yang lainnya karena ia tergolong langkah dan keindahan kilaunya. Karena ia begitu berharga, sebaiknya kenali 4C sebelum membeli berlian. Apa itu 4C? Berikut penjelasannya :

 

Cut
Sisi berlian dengan cutting atau potongan yang proporsional akan memantulkan kilau warna cemerlang serta kilap cahaya yang maksimum. Ada baiknya melihat batu berlian dari sisi atas untuk mengetahui pola pantulan sinarnya. Mengapa pola potongan berlian begitu penting? Potongan berlian sangat menentukan harga berlian. Ada beberapa skla potongan berlian yang dibuat oleh GIA adalah fair, good, very good, ideal dan signature ideal.

 

Perlu Anda ketahui berlian dengan potongan terlalu pendek dan dalam akan membuat berlian terlihat kusam dan tidak cemerlang. Ini dikarenakan potongan terlalu pendek dan dalam dapat menyebabkan berlian kehilangan cahaya pantul dan tidak merefleksikan cahaya ke bagian atas.

 

Clarity

Berlian memiliki tingkat kejernihan atau clarity yang berbeda dengan jenis batu lainnya. Semakin jernih berlian maka semakin tinggi pula harganya. Standar kejernihan berlian diukur berdasarkan jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran pencemar dan jenis mineral pencemar yanga da di berlian.

 

Ada skala kejernihan berlian berdasarkan Institusi GIA (The Gemological Institute of America) yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli berlian :

 

1. Flawless (tanpa noda)
2. Internal Flawless
3. VVS1
4. VVS2
5. VS1
6. VS2

 

Colour

Semakin jernih warna berlian semakin tinggi nilainya. Bahkan berlian terbaik adalah berlian tanpa warna. Warna (colour) berlian juga memiliki skala yang dikembangkan oleh GIA yaitu :

  1. D-F : Colorless (Putih)
  2. G-J : Hampir tidak berwarna
  3. K-M : Kekuning-kuningan
  4. N-R : Kuning sangat terang
  5. S-Z : Kuning terang

Berlian yang baik biasanya dalam skala D-K

 

Carat

Sama halnya dengan perhitungan emas. Berlian juga memiliki cara untuk perhitungan harganya. Bukan berdasarkan berat atau volume melainkan karat. Namun selain carat, nilai berlian juga tetap mempertimbangkan cut, clarity dan colour. Carat yang lebih besar belum tentu mahal karena masih mempertimbangkan kualitas berdasarkan cut, clarity dan colour. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Jadi jangan hanya terpacu pada karat berlian, perhatikan juga kualitasnya sebelum membeli.



Guna Berlian Untuk Manusia
Kegunaan Berlian Dalam Hidup Keseharian Manusia
by Administrator | 15 February 2018

4C Berlian
Kenali 4C Berlian
by Administrator | 15 February 2018



0 Komentar








    Iklan
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    Iklan
    • 2643
    • 2643
    • 2643