Panduan Member APEPI

Iklan









Panduan Member APEPI

DIBI (Data dan Infprmasi Bencana di Indonesia)




Mengenal DIBI BNPB

 

Data dan Informasi Bencana di Indonesia atau disingkat DIBI merupakan basis data yang menampilkan data-data sejarah bencana yang telah terjadi di Indonesia. DIBI BNPB merupakan basis data informasi bencana terbaik se Asia Tenggara, karena nya dijadikan rujukan dan pendidikan bagi berbagai pihak dalam mempelajari dan mengkaji bencana-bencana yang telah terjadi sehingga dapat memetakan penanggulangan yang akurat di masa yang akan datang ketika bencana datang.

Setiap daerah pasti mempunyai catatan sejarah bencana, mulai dari tsunami, gempa bumi, banjir, longsor, ataupun letusan gunung api. Anda bisa akses website DIBI BNPB. Pada website DIBI BNPB tersebut Anda akan mengetahui semua bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Bahkan Anda bisa memilih kejadian apa yang pernah terjadi di web tersebut. Misalkan saja jumlah orang yang meninggal, luka-luka, dan banyak lainnya deh. Selain bencana alam, anda juga bisa melihat bencana sosial, dan non alam, bahkan dari tahun 1815. Terdapat pula jumlah penduduk pada seluruh daerah Indonesia disertai grafik.

DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia) dari BNPB ini untuk menyajikan data-data terkait bencana yang ada pada daerah seluruh Indonesia. Sedangkan, untuk khusus gempa anda bisa memakai katalog gempabumi yang dikeluarkan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) secara resmi. Anda bisa mengunjungi website BMKG untuk mendapatkan infonya.

Di dalam web ini, anda juga akan menemukan Peraturan Kepala Badan Nasional  Penanggulangan Bencana atau Perka No. 8 Tahun 2011 Tentang Standarisasi data kebencanaan yang di kemas dalam aplikasi slide menarik sehingga mudah di baca dan dipelajari. Untuk mengakses UU tersebut anda bias buka tautan berikut : Perka No. 8 Tahun 2011



Dokumen :




0 Komentar








    Iklan
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    Iklan
    • 2643
    • 2643
    • 2643