Panduan Member APEPI

Iklan









Panduan Member APEPI

Mengenal Pajak, Manfaat Dan Keuntungannya



manfaat keuntungan pajak

Sudah Tau Manfaat Pajak dan Keuntungan Bayar Pajak?

Orang Bijak Taat Pajak !

Sebagai bagian dari dunia usaha, topic mengenai perpajakan selalu menjadi hal utama dan terutama untuk diketahui. Dunia pajak memang tidak terlepas dari keberadaan pengusaha dan eksistensi perusahaannya. Sebagai warga negara yang taat pajak sudah sepantasnya kita memberi kontribusi pembangunan negara melalui setoran pajak. Berdasarkan survey kami, masih banyak wajib pajak yang belum menjalankan kewajibannya dikarenakan kurang mengertinya mekanisme pembayaran dan perhitungan kewajiban pajak yang harus dibayarkan. Bahkan banyak wajib pajak (WP) yang tidak mengerti apa manfaat pajak dan keuntungan dari membayar pajak. Oleh sebab itu, tim edukasi apepi dpc surabaya akan membahas manfaat pajak dan keuntungan dari membayar pajak. Kami juga memberikan panduan singkat bagaimana cara mendaftarkan legalitas & melaporkan kewajiban perpajakan. Orang bijak taat pajak!

Manfaat pajak dan keuntungan bayar pajak

Pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung & digunakan untuk keperluan negara.

Pembayaran pajak merupakan peran serta masyarakat (wajib pajak) untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sistem perpajakan indonesia sudah menganut self assessment, yaitu wajib pajak sudah diberikan kewenangan untuk menghitung sendiri, melaporkan sendiri dan membayar sendiri pajak yang terhutang yang harus dibayar. Lalu kemana uang pajak yang telah dibayarkan oleh wajib pajak?

     1. Membiayai kas negara

Uang pajak yang telah dibayarkan itu masuk ke kas negara, kemudian melalui undang-undang apbn (anggaran pendapatan dan belanja negara) dialokasikan untuk membiayai program kerja yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Program kerja pemerintah pusat dibiayai melalui skema daftar isian pelaksanaan kegiatan (dipa) masing-masing kementerian dan lembaga negara. Sedangkan, alokasi untuk pemerintah daerah, dijalankan melalui skema dana alokasi umum (dau), dana alokasi khusus (dak) dan bagi hasil.

     2. Mengurangi beban masyarakat

Selain itu, ada juga skema subsidi pemerintah pusat yang tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat. Dana pajak yang telah dibayarkan oleh wajib pajak ke kas negara biasanya digunakan untuk membiayai fasilitas publik, walau sampai saat ini fasilitas publik tersebut belum memadai dikarenakan adanya keterbatasan anggaran.

     3. Membiayai kepentingan umum

Uang pajak yang telah dibayarkan wajib pajak juga digunakan oleh negara untuk membiayai semua kepentingan umum, termasuk untuk membiayai pembangunan. Dari pembangunan tersebut membuka kesempatan kerja untuk masyarakat serta menjadi meningkatkan pendapatan masyarakat pula.

     4. Mendanai pemerintah

Mendanai pemerintah yang dimaksud disini yaitu untuk membuat kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga. 

     5. Mencapai tujuan tertentu

Pajak juga biasanya digunakan pemerintah untuk alat dalam mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi anggaran.

     6. Memberikan subsidi

Wajib pajak juga sebenarnya telah merasakan manfaat yang mereka terima dari pembayaran pajaknya walaupun secara tidak langsung, pemerintah sampai saat ini masih memberikan subsidi untuk sektor-sektor tertentu. Bahkan masyarakat yang tidak membayar pajak pun menerima manfaatnya, seperti misalnya adanya subsidi untuk bbm (bahan bakar minyak), listrik, pangan dsb.

     7. Membiayai pengeluaran negara

Selain itu, uang yang masuk ke kas negara juga digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara. Kas ini digunakan untuk membiayai pembuatan fasilitas umum & infrastruktur agar menjadi semakin baik & tidak kalah bersaing dengan negara-negara lainnya. Manfaat lainnya juga dapat dirasakan langsung oleh wajib pajak di masa mendatang. Contohnya saja, ketika wajib pajak membayarkan pajak atas penghasilan dan melaporkan penghasilannya tersebut ke dalam spt tahunan, maka di masa mendatang ketika wajib pajak ingin membeli harta, sudah tidak perlu khawatir lagi dengan adanya pemeriksaan. Hal ini dikarenakan adanya uang yang dimiliki untuk membeli aset tersebut yang sebelumnya telah dibayarkan pajaknya dan dilaporkan ke dalam spt tahunan. Selain itu, ketika wajib pajak ingin mewariskan harta yang dimilikinya di masa mendatang, maka harta yang akan diwariskan tersebut juga sudah bukan lagi menjadi objek pajak (tidak dikenakan pajak kembali). Hal ini dikarenakan warisan tersebut sudah dibayarkan pajaknya, sehingga tidak adanya pembayaran dua kali. Ketika wajib pajak diberi surat himbauan oleh kantor pajak yang menanyakan atas harta harta yang kita miliki, mudah saja dan tidak perlu takut karena sebelumnya kita sudah membayar dan melaporkannya.

 

Infografis: membangun negeri indonesia dengan pajak

Dari data kementerian keuangan, penerimaan pajak dari tahun ke tahun, semenjak 2008 hingga 2017 memang terus meningkat hingga sebesar rp1495,9 triliun. Hingga pada tahun 2016, wajib pajak yang terdaftar telah sejumlah 32.769.215 jiwa, dimana 20.165.718 jiwa telah terdaftar sebagai wajib spt. Namun demikian, tingkat kepatuhan pajak secara keseluruhan dinilai masih rendah, yaitu hanya sejumlah 12.737.541 (63,16% dari total wajib pajak spt) jiwa saja yang melaporkan spt pada tahun 2016, di mana rasio kepatuhan sendiri ditargetkan sejumlah 14.620.146 jiwa yang melaporkan spt-nya (72,5% dari total wajib pajak spt).

 

Penerimaan Pajak Dalam APBN

Apakah anda tahu uang pajak yang anda bayarkan digunakan untuk apa saja? Seberapa besarkan sumbangsih pajak terhadap apbn negara indonesia? Pajak yang kita bayar tentunya memberi sumbangsih pada pembangunan negara indonesia.

 

Pajak Untuk Pembangunan

Di sisi lain, mengapa kita sebagai warga negara dianjurkan untuk membayar kewajiban pajak yang kita miliki? Karena pajak yang kita bayarkan berfungsi untuk pembangunan dan kemajuan negara. Dari segi infrastruktur pun, ada banyak proyek yang sedang dikejar pemerintah indonesia, dan pajak yang kita bayarkan bersumbangsih untuk pembangunan tersebut antara lain:

  • 52 proyek jalan tol
  • 13 proyek pelabuhan
  • 17 proyek bandara
  • 49 proyek waduk atau bendungan
  • 19 proyek jalur kereta
  • Pembangunan lrt palembang dan jabodetabek
  • Proyek 1 juta rumah murah
  • 35 gigawatt proyek pembangkit listrik
  • Rp 47 triliun dana desa
  • Distribusi kepada 18 juta jiwa penerima kip (kartu indonesia pintar)
  • Distribusi kepada 91 juta jiwa penerima kis (kartu indonesia sehat)

 

Secara tidak langsung, memang kepatuhan dalam membayar pajak dan melaporkan spt sangat besar pengaruhnya terhadap pembangunan di indonesia. Dalam apbn 2017 pun 85,6% bagiannya berasal dari penerimaan pajak negara. Nah, secara rinci uang pajak yang kita bayarkan pun digunakan untuk:

  • Pelayanan umum = 17,06%
  • Perumahan dan fasilitas umum = 1,45%
  • Dana desa = 2,87%
  • Transfer ke daerah = 33,99%
  • Pendidikan = 6,89%
  • Keagamaan = 0,44%
  • Ekonomi = 14,92%
  • Pariwisata dan lingkungan hidup = 0,82%
  • Kesehatan = 2,97%
  • Perlindungan sosial = 7,58%
  • Pertahanan = 5,18%
  • Ketertiban dan keamanan = 5,81%

 

Orang bijak taat pajak !

Sudahkah anda mengerti dan memahami kemana pajak itu dialokasikan? Apakah anda sudah mengetahui manfaat pajak dan keuntungan bayar pajak? Tidak ada salahnya anda mendukung pemerintah dalam menyukseskan setiap program pemerintah dengan cara membayar dan melaporkan pajak. Ingin menjadi orang bijak? Taatlah membayar pajak karena orang bijak taat pajak.



Dokumen :




0 Komentar








    Iklan
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    Iklan
    • 2643
    • 2643
    • 2643