Artikel APEPI

Artikel APEPI

Manfaat Emas Selain Untuk Perhiasan dan Investasi

Manfaat Emas Perhiasan dan Investasi

Manfaat Emas Selain Untuk Perhiasan dan Investasi

Siapa yang tak kenal dengan emas. Logam mulia satu ini biasanya digunakan sebagai perhiasan karena keindahan dan nilai jualnya yang tinggi. Selain menjadi dambaan kaum hawa untuk memperindah tampilan mereka, emas juga bisa dijadikan investasi.

Khusus untuk investasi, umumnya, emas yang menjadi pilihan investasi ialah bentuk koin dan batangan. Alasannya, investasi emas minim resiko ketimbang investasi lainnya. Dari sisi beban pajak dari investasi emas lebih menguntungkan dan ringan karena pajak pada penjualan emas hanya dikenakan sekali saat transaksi yaitu pajak pertambahan nilai (PPh) sebesar 0.45% dari harga jual. Berbeda dengan investasi tanah yang dikenai pajak rutin seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu, dari sisi harga, harga emas cenderung relatif stabil.

Tapi tahukah Anda, selain untuk investasi, emas juga memiliki manfaat dari sisi lainnya di sektor ekonomi dan lain sebagianya. Berikut ulasannya :

1.     Sektor Ekonomi

Sektor ekonomi merupakan bidang sentral bagi emas. Emas merupakan salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Emas digunakan sebagai pengganti uang untuk bertransaksi. Faktanya sudah dari berabad-abad yang lalu emas digunakan sebagai alat tukar dalam bertransaksi.

Selain itu, emas juga digunakan sebagai cadangan devisa suatu negara karena nilai jualnya yang tinggi. Hal ini juga dikarenakan emas bersifat convertible, yakni semua negara dapat menerimanya sebagai alat pembayaran internasional yang sah. Bentuk emas yang dapat diterima sebagai alat pembayaran adalah emas batangan. Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Bentuk non-fisik emas dapat dibeli dalam bentuk saham di bursa perdagangan.

2.     Sektor Religi

Emas dianggap suci dan melambangkan keagungan oleh sebagian agama. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya benda-benda keagamaan yang dibuat dari emas.

Di Vihara Wat Pho, Bangkok terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas yang dinamai Reclining Buddha. Selain itu di Arakat Gallery, Amerika Serikat, banyak tersimpan arca-arca peninggalan Hindu Buddha yang terbuat dari emas.

Tidak hanya agama Hindu dan Budha saja yang mempunyai benda-benda keagamaan yang terbuat dari emas, Islam dan Kristen juga menggunakan emas untuk menghiasi tempat peribadatan mereka. Hal ini bisa dilihat dari bangunan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei yang berkubah emas dan Gereja la Compañía di Roma yang arsitekturnya berlapiskan emas.

3.     Sektor Elektronik

Emas juga dapat dimanfaatkan manusia dalam bidang elektronik. Emas merupakan penghantar emas yang paling baik dan tahan korosif, hal ini sangat dibutuhkan untuk pembuatan komponen elektronik.

Barang-barang elektronik yang menggunakan emas dalam komponennya adalah televisi, monitor, radio, prosesor komputer, USB connector dan sebagainya. Bahkan, pada kartu SIM juga terdapat kandungan emas di dalamnya, namun kandungan emas pada barang-barang tersebut tidaklah banyak hanya sekitar seperseribu gram. Lapisan emas juga dijumpai pada handphone sebagai alat pelindung, Penggunaan emas sebagai lapisan ini menambah kesan mewah dan glamor pada suatu barang.

4.     Sektor Olahraga

Siapa bilang emas tidak mempunyai manfaat di bidang olahraga. Tanpa kita sadari emas juga mempunyai manfaat dalam bidang olahraga. Lagi-lagi emas direpresentasikan sebagai sesuatu yang bernilai paling tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan emas sebagai penghargaan paling bergengsi setelah perak dan perunggu. Pemenang juara 1 dari perlombaan olahraga lah yang mendapatkan penghargaan berupa emas dan membuat dia secara simbolik lebih unggul dari yang lainnya. Penghargaan dalam bentuk emas dapat dilihat dalam bentuk medali dan trofi.

 

Cermati (2017, 8 Maret). Manfaat Emas Selain Perhiasan dan Investasi, Kesehatan Salah Satunya. Diperoleh 27 Januari 2018 dari https://www.cermati.com/artikel/tentang-emas-dan-manfaatnya-dari-berbagai-sektor



Manfaat Perhiasan Emas dan Investasi
Manfaat Emas Selain Untuk Perhiasan dan Investasi
by Administrator | 15 February 2018

Kenali Kadar Emas
Mengenal Kadar Emas Sebelum Membeli
by Administrator | 15 February 2018



0 Komentar








    Iklan
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    Iklan
    • 2643
    • 2643
    • 2643