Panduan Member APEPI

Iklan









Panduan Member APEPI

OSS / Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik




OSS / Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

 

"Kemudahan berusaha dalam berbagai skala turut didorong Pemerintah dengan reformasi struktural, termasuk dengan reformasi sistem perizinan. Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Online Single Submission (OSS) diharapkan efektif mengurangi birokrasi dan mempermudah para pelaku usaha. Pemerintah sudah menjalankan Online Single Submission (OSS) sebagai sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha yang menjadi kewenangan Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Walikota yang dilakukan secara elektronik. Melalui reformasi sistem perizinan, kita mendorong standardisasi menjadikan birokrasi perizinan di tingkat pusat dan daerah lebih mudah, lebih cepat, dan juga lebih terintegrasi."

Joko Widodo, 16 Agustus 2018 "

 

Setiap perkembangan baru, pasti akan didukung dengan perkembangan lainnya juga. Seperti pada era start-up seperti ini, pemerintah juga tengah menggalakkan sistem Online Single Submissions (OSS) atau yang lebih dikenal dengan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik. Saat ini, para pengusaha bisa saja mengurus perizinan usahanya melalui online, dan akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam bentuk barcode. Setelahnya NIB barcode ini dapat digunakan sebagai identitas perizinannya. Kemudahan ini diharapkan akan membantu para pengusaha dalam mengembangkan usahanya dengan baik.

 

Merujuk pada penjelasan sebelumnya, kebijakan ini dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional, yang akan tumbuh melalui dunia usaha. Jika sebelumnya para pengusaha mengeluhkan waktu dan rantai birokrasi perizinan yang cukup panjang, kini hal tersebut dapat diminimalisir. Sehingga kegiatan usaha pun dapat dilakukan dengan lebih awal lagi sambil menyiapkan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

 

Dari kemudahan ini, para pengusaha juga wajib mengetahui hal lain, seperti:

·         Lingkup pemohon yang memerlukan perizinan melalui OSS,

·         Jenis-jenis izin yang diperkenalkan di dalam sistem OSS,

·         Sektor-sektor usaha yang dikecualikan dari perizinan melalui OSS,

·         Penerapan sistem post-commitmen dalam pemberian izin melalui OSS,

·         Perbedaan sistem perizinan OSS dengan sistem SPIPISE BKPM secara umum,

·         Pembagian kewenangan pemberian izin antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah,

·         Aspek dan kendala teknis yang perlu diperhatikan dalam proses perizinan melalui sistem OSS, seperti kepastian hukum untuk penanaman modal asing, belum terintegrasinya sistem OSS dengan lembaga pemerintah lainnya, penerapan perizinan untuk emiten, dan lain sebagainya.

 

Dengan mengetahui beragam informasi yang berkaitan dengan OSS, akan meminimalisir terjadinya kegagalan suatu usaha, atau bahkan dapat membantu para pengusaha untuk menganalisa perkembangan dunia bisnis kedepannya.

 

Berikut Pengenalan Singkat Mengenai Oss Melalui Ilustrasi Gambar :

Pembuatan Dan Aktivasi Akun OSS

 

Memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB)

 

Izin Lokasi

 

Izin Lingkungan

 

 

Izin Usaha

 

Izin Operasional / Komersial

 

Pengembangan Izin Usaha Dan Pembaruan Data Perusahaan

 

 

Adapun panduan dan Pedoman lengkap mengenai OSS dapat anda download dari file pdf berikut :

OSS

Pedoman OSS

 

Sumber : www.oss.go.id , www.investindonesia.go.id/ , www.kompasiana.com



Dokumen :




0 Komentar








    Iklan
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    • 2643 title=
    Iklan
    • 2643
    • 2643
    • 2643